Friday, November 7, 2008

Gunma journey (Part 1)

Alhamdulillah, setelah diminta beberapa kawan dan saudara untuk berbagi tentang pengalaman saat pergi ke Gunma, Jepang. Saya coba untuk me-recap kisah perjalanan saya. Banyak dari tulisan ini hanya runtutan kegiatan, tapi ada juga beberapa yang saya tulis lebih karena sangat berkesan bagi saya. Selamat Menikmati.

Pengantar..

Gunma adalah nama sebuah universitas di kota Maebashi, Gunma perfecture, Jepang. FK Unpad mengadakan program student Exchange dengan Gundai (Gunma Daigaku) sudah sejak 12 tahun yang lalu. Program ini diadakan tiap tahun. Jadi, diseleksi 4 mahasiswa dari tahun ke empat, kemudian dikirim ke sana. Begitu juga sebaliknya, di Gundai pun diadakan hal yang sama. Nah, untuk tahun 2008 ini, Saya, Fadli, Zaenab, dan Rosa yang diberikan kesempatan untuk pergi ke Gunma. Program student Exchange ada berbagai macam, mulai dari sightseeing sampai kuliah.


Thursday, 23 October 2008

Hari ini hari pemberangkatan. Standar seperti pemberangkatan internasional yang lain. Ada hectic, ada menunggu, dan tentu saja lelah. Jam 19.00 WIB kami boarding. Setelah sebelumnya berusaha mendapat Free Fiscal, tapi enggak dapat. Karena kami belum dapat surat langsung dari DIKTI, kami hanya berbekal invitation letter dari Gunma, dan surat pernyataan dari Fakultas. Jam 22.00 waktu Malaysia, kami sampai. Lari-lari cari mushola, akhirnya ketemu juga. Langsung setelah sholat harus segera boarding lagi. Kali ini tak semudah di Indonesia. Barang titipan dari gunmaers tahun lalu untuk temannya yang dititip ke zaenab ternyata bermasalah..dan ternyata dibungkus rapi dengan koran. Ternyata isinya adalah lulur! Maaf..berat hati..peraturan penerbangan internasional yang baru melarang liquid dalam kabin pada batas tertentu..Maaf ya teh Diyoth..


Friday, 24 October 2008

Pagi

Jam 07.40 waktu jepang, sampai di Narita airport. Waktu ambil bagasi..ternyata barang kami banyaaaaaaakk sekaliiiii. Bayangkan 121kg! angklung 3 box, oleh2 dan perlengkapan tampil 1 koper besar,,wah..sampai-sampai kami diintrogasi polisi jepang. Polisinya kayak detektif gitu. Ga pake seragam. Dia tanya “orang Indonesia ya?” pake English yang terbata-bata tentunya,,Ujung-ujungnya dia bilang, ada banyak orang Indonesia yg datang ke sini dengan surat yang ga jelas. Trus setelah kita tunjukin invitation letter dari Gunma, baru dia tau. Dan dia mangut2,,dia kagum banget sama medical student & doctor..mungkin posisi yang cukup prestige disini ya..Stelah beres urusan sama polisi, kembali urus barang.

Kami naik bus ke Tokyo station. Sepupu saya, Merrie, akan jemput kita trus nganter ke hotel. Stelah turun bus, perjalan sebenarnya baru di mulai..Naik SUBWAY!! Penuh dan sesak sekali. Dan bayangkan kita terlihat aneh banget bawa barang segede2 gajah..haha..cuapek banget,,tapi lebih capek muka. Haha..ada pengalaman menarik di pintu masuk subway. Kan ada palang, yang kalo kita mau lewat harus masukin tiket. Ternyata harus diambil lagi. Tiketnya oca ketinggalan. Ga bisa diambil. Walhasil, terpaksa beli tiket lagi deh..Wallahi! Enggak semua subway disana canggih! Banyak banget station yang kita lewati tapi enggak ada escalator ataupun lift!! Jadi..yup! tangga! Dengan 121 kg barang!! Pfuhh..bulak-balik..naik-turun..since, laki-laki hanya saya dan fadli,,ya wayahna..

Akhirnya setelah perjalanan yang panjang dan tampak tak berujung, kami sampai juga di Asakusa, daerah tempat hotel kami. Dan..subhanallah..Hujan turun..baju, semua kardus, koper, basah semua..karna kami jg ga bawa payung. Ngapain pula bawa payung?! Tugas berat selanjutnya..mencari hotel! Merrie dari tadi sudah oprek2 GPS lewat PDA yang akses intonet (internet)nya slalu ON. Akhirnya..diujung jalan, di pojok ruko-ruko,,sebuah tulisan membuat hati kami merekah seperti bunga sakura..”SAKURA HOSTEL” thats my hotel!! Walaupun harus tunggu satu jam sampe waktu cek in,,lepas smua beban 121kg..shower air hangat sangat melegakanku..


Sore

Kami keluar,,walau hujan, akhirnya pinjam payung transparan sama hotel. Disini banyak banget payung transparan. Di indo kan jarang sekali menemukan payung seperti itu..Kita cari makan. Fadli mau makan ikan..so kita cari-cari.ternyata setelah 3 toko ikan tutup, nyasar di lantai yang tak berpenghuni..hiii..akhirnya kami jalan lagi,,masih dalam perut lapar..lalu..tiba2 diujung jalan sana..kuliat ada yang bakar2!! Ku kira ikan!! Waw! Lezat nih..ternyata..itu BELUT! Ya ampun, sudah deh. Saya dah capek banget jalan terus, makan ini aja deh..setelah approach yang lain,,yg takut makan belut,jijik,aneh,dll..akhirnya berhasil!! Kami makan belut,,ya belut jepang kan lebih higienis..hehe. stelah di makan..Uih..enak tenan!! Maknyus...kayak makan ikan saja..Setelah kenyang,,kita jalan lagi..bakar lemak, bakar lemak..hehe..skr naik subway lagi,,tapi jauhh lebihh nyaman daripada sambil bawa 121kg..kita ke Akihabara kira2 4menit dari asakusa. Disana liat2 manga. Ada toko yg jual buku2 bekas berkualitas. Jadi dijepang, setelah selesai dibaca, dijual lagi tuh buku. Setelah puas jalan2 dan nyasar2..kita balik ke hotel. Sebelumnya mampir 7/11 buat beli makan malam..seafood noodle+onigiri isi tuna..*yummy..*


Malam

Saat kami lagi duduk2..menyelesaikan dinner yang enak itu..tiba2 datang lelaki muda berbadan besar ke arah kami..wah, siapa nih? Tadi perasaan ga nyenggol dia di jalan?! Lalu dia ngomong..”I’m Ryo,,Ryo Morishima.” Oh..Dzig..trus ada perempuan nyusul dibelakang nya..”I’m Mayo” kalo yang ini saya masih kenal sama muka nya. Mirip sama fo

to yang dikasih lewat imel, tapi saya pangling liat ryo. Baiklah..perkenalan yang aneh. Datar pisan..Setelah itu entah mengapa..entah mengapa,,smp skr pun masih bingung saya. Kami langsung bubar trus balik ke kamar,,mungkin mau nemani mereka masukin barang kali ya..Trus mereka bilang Taka dan Yuka lagi nyasar dulu..tokyo kompleks banget..waduh..orang jepang aja nyasar,,no wonder kenapa tadi kita susah banget cari hotelnya..Mari istirahat..selamat tidur..Gut nite. Eh, satu lagi. Kamar kita berisi kan 3 kasur tingkat. Saya dan Ryo, Fadli dan taka. Satu kasur tingkat lagi diisi sama satu orang poland, lukas namanya. Dia tidur diatas. Dan malam itu...dingin sekali AC nya!!

7 comments:

Faisalman said...

ciee.. ciee.. pak dokter ke Jepang, euy :D

ikpoe said...

Wah asik jalan" ke jepang...
di tunggu kelanjutannya...

Manda said...

hihi..masih day 1,
ayo ki, lanjutkan..

btw, sepenuh-penuh angkutan umum di sana, belum menyaingi KRL indonesia kan..penumpang berdiri dengan 1 kaki?! ^_^

nestri said...

waaaaaah,, seru!!

tejobawono said...

setelah sekian lama tidak mampir...

pertama membuka, ketika tengah menikmati tulisan di jepang..DOONG,, mendadak masuk intro musik.
Oh, laskar pelangi. hahaha

bicara tentang Jepang dan dokter, saya jadi inget Team Medical Dragon.
kuliahnya ada yang langsung ngeliat operasi gitu ga ki?

yak, ditunggu cerita lanjutannya!

doc.terchantique said...

Ass. Ayo lanjutkan postnya ki...
I think everybody is waiting for your story.
Madingnya juga...
Kapan? Lupa kah?

Nero said...

NICE STORY...
saya adalah mahasiswa linkage IKM UNPAD-GUNMA 2011 dari Bappenas,
I really need any informatin about GUNMA UNIV, from the interview and other important info.
Could you share it with me??