Friday, January 27, 2012

EAT, PRAY, LOVE: Europe Trip 2011-2012 (Part 1: Nice - Monaco)

Assalamu'alaikum..
Selamat pagi, Indonesia!

Seperti yang sudah dijanjikan di tulisan sebelumnya, pada tulisan kali ini saya akan berbagi tentang perjalanan saya di akhir tahun 2011 tahun kemarin ke Eropa. Mari kita awali ceritanya dengan bismillah.. Selamat menikmati!

Setelah tahun yang cukup hectic di 2011, akhirnya saya tamat SD dokter. Yap, sekolah dasar dokter. 6 tahun seperti zaman SD dulu. dan ini baru merupakan awal, karena setelahnya jika ada rezeki insyaAllah mau lanjut sekolah lagi untuk ambil spesialisasi di bidang tertentu. Sampai sekarang masih belum pasti, karena masih dalam proses istikharah dan lobi-lobi dengan pihak terkait hehehe. Setelah tamat, saya kembali pulang ke rumah keluarga (tempat ayah dan ibu saya tinggal) di Sukabumi. Oh ya, untuk yang belum tau Sukabumi, nih klik aja disini. Di suatu sore yang sangat sejuk dan dingin, kami (saya dan orang tua) duduk di teras ditemani teh panas dan pisang goreng.. perbincangan santai ngalor ngidul, timur barat.. dan muncullah ide "kamu mau silaturahmi ke keluarga kita yang ada di Belanda? sambil tunggu hasil ujian UKDI dan STR kamu diproses gitu..waktu dulu keluarga kita ke Eropa kan kamu nggak ikut.." Ucapan papa itu bagaikan secercah cahaya yang muncul terang dari balik gelapnya awan sukabumi.. hehehe lebay! Dan tanpa banyak pikir panjang "Bien sur!!" of course lah.. tentu saja. Alhamdulillah, sepertinya sedekah saya kemaren yg sangat menguras tabungan Allah bayar langsung dengan perjalanan ini.. benar ya, sedekah ini menjemput rezeki sekali.. berlipat-lipat di dunia, semoga di akhirat juga... luarr biasaaa..Allahu Akbar! (cerita sedekah ini pengen dimasukin #SSS nya NFQ Aaah..)

Beberapa hari kemudian, dapat kabar baik yang sangat saya syukuri juga. Ternyata pada waktu yang sama, Pak De dan Bu De saya juga mau ke Nice untuk nengok keluarga anaknya (Mas Alvin) yang tinggal disana untuk sekolah dan jalan2 hehehe.. Untuk yang belum tau Nice, Nice itu sebuah kota kecil yang sangat indah di Selatan Prancis. Tetanggaan sama Cannes (yang festival film itu loh) dan Monaco (yang negara kecil dan mewah). Mereka ada di garis pantai Riviera nya prancis.. More info ttg Nice klik disini. Oleh karena itu, akhirnya saya memutuskan untuk pergi bersama dengan mereka. Dengan flight Qatar Airways, kami bertolak dari Jakarta pada tengah malam tanggal 8 Desember 2011. Pesawat kami transit di Doha 18 jam, kemudian transit juga di Milan, Italy satu jam, lalu lanjut ke Nice. Cerita menarik mengenai transit saya di Doha, Qatar dan ketemu dengan Muhammad Assad (penulis NFQ) saya tulis di tulisan sebelum ini

9 Desember 2011, Nice - Monaco
Setelah sampai dari perjalan yang cukup panjang dari Indonesia, kami tiba di Nice (France). Imigrasinya ramah dan baik hati, beda jauh dengan imigrasi di beberapa negara sekitar indonesia yang garang dan sangar. Kita disambut dengan senyuman dan sapaan "bonjour" Sampai Airport, mas Alvin datang menjemput kita dengan mobil. Oh ya, saran untuk transport murah di Eropa, mungkin bisa coba sewa mobil. Kalau di airport Nice, Cote de Azur ada banyak perusahaan tempat kita bisa sewa mobil. Harga nya bervariasi sesuai jenis mobil, kapasitas, merk dan lain sebagainya. Salah satu opsi untuk sewaan mobil nya adalah Europe car. Kalo traveling dengan banyak orang, sistem sewa mobil ini lebih disarankan. karena relatif lebih hemat jika dibandingkan dengan pake transport umum. Selama... kita punya GPS, mau belajar stir kiri dan peraturan lalu lintas di negara tsb.. Oke lanjut. Kemudian kita ke tempat tinggal mas apin di Nice. Sampai disana sudah ada juga sepupu saya yang dari Jakarta yang lagi berkunjung juga ke sana. Langsung kita mulai menjelajah Nice..
Promanade des Anglais, Nice, French Riviera
Pantai Riviera Prancis terkenal dengan keindahannya, jadi banyak turis yang datang kesana. Hotel-hotel dipinggir pantai tentu saja bintang lima, dan bisa dibilang sangat high-class. Prancis selatan beda dengan prancis utara untuk masalah iklim. Walaupun ada winter, di daerah selatan tidak pernah ada salju saat winter. Jadi relatif lebih hangat dibanding daerah utara. Pengecualian dua tahun yang lalu turun salju disini. Beginilah efek global warming.. Cuaca jadi aneh2. Oke, hari itu kita keliling kota kecil Nice dengan sepeda sewaan. Perjalanan kita mulai dari Promanade des Anglais yang orang sana biasa sebut La Prom yaitu jalan dipinggir pantai Nice. Jalan ini penuh dengan aktivitas orang yang main sepeda, skateboard, inline skate, jalan, jogging, lari, mancing ikan, bahkan berenang. Dan ini masih winter.. Katanya, kalau summer lebih banyak lagi orang-orang nya. plus banyak juga yang jemuran.. hehehe..Di jalan ini setiap bulan Februari ada festival2 gitu. semacam di Brazil dan Venice. Menarik juga untuk dilihat sepertinya. Ohya, untuk sewa sepeda disini harus punya kartu berlangganan. Sulit juga untuk turis, apalagi yang tidak berbicara bahasa francais. Tapi jalan-jalan pagi atau sore disini juga indah kok. Nggak perlu keluar biaya banyak..
Sewa sepeda di Promenade des Anglais, Nice
Pasar di Old Town, Nice. Bersih banget.. Seperti bukan pasar yaa..
Setelah puas bersepeda dan jalan2 keliling kota tua Nice. Tidak ada salahnya kita nongkrong di cafe pinggir jalan sambil mencoba croissant dan black coffee (yang disuguhkan di cangkir super kecil) di restoran pinggir jalan.. kesimpulan nya Nice is a very nice city...Setelah makan siang, kita jalan-jalan lagi.. Kali ini sedikit lebih jauh. Saatnya menikmati sunset di negara Monaco!
Yok dipilih-dipilih.. Mau yacht yang manaa...
Christmas market di pelabuhan Monaco
Menangkap keindahan monaco sore hari
Perjalanan dari Nice-Monaco ditempuh dengan kereta selama 20 menit. Kalau naik mobil mungkin lebih cepat. Tapi sekalian coba pengalaman baru, dan lihat pemandangan pinggir pantai riviera dengan kereta yang sangat indah Alhamdulillah.. Sampai Monaco foto2 di pinggir pelabuhan tempat parkir yacht, pasar natal tempat berbagai makanan musim dingin dijual dan jalan panjang tanjakan ke istana monaco.. Sempat nyasar2 cari jalan sana sini, tapi akhirnya sampai juga di rumah mas apin. Istirahat, karena besok pagi sudah harus terbang lagi ke London, UK. Ok segitu dulu.. Nanti kita lanjut lagi dengan part berikutnya di negara lain.. Alhamdulillah..

Salaam,
Rizky Andhika Pattisahusiwa

1 comment:

Arumi E said...

Thanks ya sudah berbagi pengalaman jalan-jalan ke Nice dan Monaco... menambah referensi untuk membuat setting cerita di kota-kota itu...kapan-kapan pengen juga bisa ke sana... :)