Tuesday, November 2, 2010

Astaghfirullah 100.000x..

Kalau pahala ngetik = pahala ucap pasti akan saya tulis lebih panjang judul tulisan diatas. mungkin 1.000.000x atau lebih. Tapi ternyata tidak semudah itu kawan. Astaghfirullah..

Beberapa waktu lalu teringat kembali ucapan seorang kawan tentang istighfar. Bayangkan kawan, Rasulullah Shalallahu'Alaihi WasSalam yang ma'sum nan suci dari dosa beristighfar 100 kali dalam satu hari. dalam redaksi lain ada yang meriwayatkan 70 kali. “Demi Allah, sesungguhnya aku meminta ampun kepada Allah dan bertaubat kepada-Nya dalam sehari lebih dari tujuh puluh kali.”

Mari tanyakan pada diri sendiri. Berapa banyak maksiat dan hilaf yang kita lakukan setiap hari. Tidak patuh sebagai Hamba Tuhan. Atau bahkan ada niat-niat hina dibalik amal-amal mulia. Ada ketidak ikhlasan yang terus dipelihara. Atau bahkan kelalaian yang terpatri jadi biasa. Mungkin banyak sekali pertanyaan tentang alpa dan lupa yang bisa kita tanyakan pada diri sendiri. Dari hal sederhana seperti shalat dan ketepatan waktu. Profesionalisme dalam kerja. Sampai nurani dalam mencinta selain pada-Nya, atau apa-apa yang dicintai-Nya.

Kawan, mari perbanyak istighfar..
Awali dengan kuantitas lisan. kemudian kita perbaiki kualitas dalam hati. Agar istighfar yang keluar, tanya hanya kata, tapi harapan pasrah dan harap seorang hamba pada Rabb nya..

Kalau mau investasi lebih, bisa membaca sayyidul istighfar. Sebenarnya sudah ada di buku kecil seharga 1000 rupiah berjudul "Al-Ma'tsurat", doa dan dzikir yang dibaca rasul kala pagi dan petang. Seperti ini bunyinya:
اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي, لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ, خَلَقْتَنِي, وَأَنَا عَبْدُكَ, وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اِسْتَطَعْتُ, أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ, أَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ, وَأَبُوءُ لَكَ بِذَنْبِي, فَاغْفِرْ لِي; فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ اَلذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ

"Ya Allah, Engkau adalah Rabbku. Tiada ilaha selain Engkau. Engkau telah menciptakan aku, dan aku adalah hambaMu dan aku selalu berusaha menepati ikrar dan janjiku kepadaMu dengan segenap kekuatan yang aku miliki. Aku berlindung kepadaMu dari keburukan perbuatanku. Aku mengakui betapa besar nikmat-nikmatMu yang tercurah kepadaku; dan aku tahu dan sadar betapa banyak dosa yang telah aku lakukan. Karenanya, ampunilah aku. Tidak ada yang dapat mengampuni dosa selain Engkau"

Yuk ah, Istighfar dulu..
Astaghfirullah..
Oh ya, foto diatas saya ambil di suatu pagi waktu liburan lebaran di tanah kampung halaman Sirisori Islam, Pulau Saparua, Maluku Tengah. Judulnya mungkin: Mari bermain di laut. Tapi bisa juga jadi: Mari ajarkan anak-anak untuk istighfar *maksa*

Sukabumi, Awal Nopember 2010
#liburanharusproduktif 'projects

No comments: