Sunday, December 7, 2008

10 things

# Each blogger must post these rules.
# Each blogger starts with ten random facts/habits about themselves.
# Bloggers that are tagged need to write on their own blog about their ten things and post these rules. At the end of your blog, you need to choose ten people to get tagged and list their names.
# Don’t forget to leave them a comment telling them they’ve been tagged and to read your blog

1.I’m not sundanese
Ini pengakuan dari beberapa orang yang mengira bahwa saya adalah percampuran sunda dan jawa. Atau galur murni dari salah satu suku itu. Padahal salah total. Jauh sekali. Mungkin nama saya bisa menjawab pertanyaan sebenarnya dari suku manakah saya. Rizky Andhika Pattisahusiwa. Atau mungkin, tempat dimana saya lahir bisa menjadi patokan awal. Saya lahir di Manado. Kontradiktif bukan? Karena marga Pattisahusiwa bukan berasal dari Sulawesi Utara, tapi dari sebuah pulau di maluku tengah. Baiklah..biarkan ini jadi misteri..Tapi, faktanya adalah : Saya bukan asli Sunda ataupun Jawa. Meski saya sudah tinggal di pulau Jawa bersama suku Sunda, selama 14 tahun. Fakta yang mencengangkan, bukan?!

2.Punya saudara kembar?
Mungkin karena poin pertama tadilah yang membuat -muka- saya terlihat mirip seperti beberapa orang. Di SMA 3 dulu, ada seorang akhwat yang mirip sama saya. Bedanya, sudah saya bilang: ia seorang akhwat. Wajah kami mirip. Hanya wajah. Ia terlihat anggun dengan jilbab nya. Sedangkan saya kan berkumis tipis. Pernah sesekali, seorang teman ikhwan nyeletuk, “Ki, kamu cukur kumis, pake jilbab, trus ikut kajian akhwat..kita lihat, mereka bisa bedain enggak sama kembaranmu..” Wah, untung ide gila itu tidak pernah saya coba. Sekarang saat di FK pun, ada juga adik kelas yang terlihat mirip mukanya dengan saya. Genetic biodiversity yang aneh. but still, subhanallah..Thanks Allah, for my face.

3.I don’t like kicking ball or anything related to it.
Sepak bola. Hobi para pria. Hobi seluruh dunia. Tapi anehnya, hobi ini tidak ada dalam diri saya. Teori “lingkungan sangat mempengaruhi..” tidak berhasil nampaknya untuk hal yang satu ini. Ayah dan adik saya sangat gila bola. Adik saya; dalam satu pekan, minimal dua kali baca koran bola. Belum ditambah dengan main bola tiap hari sabtu dan main games bola tiap akhir pekan. Ayah saya; sengaja berlangganan TV kabel untuk channel-channel olahraga. ESPN, Star Sports, Goal TV, Chelsea TV, MU TV,dll. Kalau kami bertiga bertemu, saya pasti merasa hidup di planet yang lain dari mereka. Karena topik utamanya hanya satu, Ya..Bola! Lucu juga melihat 22 orang berlari-lari, kejar-kejaran, berlelah-lelah dalam lapangan besar hanya untuk memperebutkan satu bola. Kalau kata teman saya, yang juga bukan pecinta bola, pasti ini salah satu bentuk kelainan psikologis yang diakui sebagai hal yang normal. Itu saja sudah aneh menurutnya, apalagi orang yang rela bangun malam-malam hanya untuk menonton hal ini. Wah, parah katanya..

4.Film specialist
Saya bukan tipikal orang yang suka belajar dengan membaca dan menghafal (even, I have to do it all the time now..) Ada satu method yang sangat saya sukai, menonton film. Banyak inspirasi dan ilmu setelah menonton film-film seperti House MD, ER, Team Medical Dragon (TMD). Film-film yang berkaitan dengan dunia yang saya tekuni, kedokteran. Senang sekali rasanya bisa belajar dari film-film itu. Setelah nonton House MD, saya ingin sekali jadi dokter internal medicine yang super pintar dan cerdas. Setelah nonton ER, saya berpindah jadi dokter di ER yang begitu cepat tanggap dan penuh empati. Setelah nonton TMD saya beralih ke dokter bedah jantung yang sangat skillfull dan hebat. Terlepas dari film-film tadi. Saya yakin, masa depan saya tidak bergantung pada film apa yang terakhir saya tonton..

5.Fotografi vs Fotodiri?
Saya suka sekali dengan fotografi. Dalam satu gambar ada seribu arti. Namun, berbeda dengan orang yang menyukai fotografi lainnya. Saya lebih menyukai foto yang ada gambar saya nya.. In other word: narcism. Another psychiatric disorder in a very mild degree. Hal ini lah yang mendasari saya membeli N82, handphone sekaligus kamera 5 Megapixels. Lihat saja isi gallery nya. Pasti tidak akan saya izinkan! :D

6.Konseptor ulung. Orang lapangan yang buruk.
Entah mengapa. Saya senang sekali merencanakan sesuatu. Senang sekali mengatur. Senang sekali membuat orang melakukan hal yang sudah saya atur. Senang sekali mengendalikan sesuatu. Walaupun saya bukan orang yang ambisius pada jabatan. Kalau ada kepanitiaan saya pasti memilih seksi acara sebagai prioritas pertama. Bidang yang biasanya sedikit sekali peminatnya. Tapi saya mengakui bahwa saya bukan orang lapangan atau pekerja yang baik. Bahkan untuk sebuah konsep yang saya buat sendiri. Inilah kelemahan yang mesti saya evaluasi kedepannya. Menjadi konseptor, namun tak berlari pergi setelah konsepnya jadi. Karna dalam dunia kami para konseptor, setelah konsep nya jadi. Berarti selesai sudah tugas kami sebagai koki. Tinggal meminta para pelayan untuk membawakan makanan itu ke meja makan. Kami tak perlu susah-susah memikirkan bagaimana makanan itu sampai ke meja makan. Karena masih banyak bahan mentah yang sudah menunggu kami untuk diubah menjadi main course yang lezat. Dasar..

7.Always by plan
Terlepas dari mudahnya saya mengikuti ajakan rapat, jalan-jalan, makan-makan, dll, I’m an always-by-plan person. Setiap tahun, bulan, pekan, bahkan hari. Setiap hari harus ada rencananya –termasuk hari sabtu dan minggu-. Diawal pekan, saya biasanya menulis semua hal yang akan saya lakukan pada pekan ini. Hal ini penting, mengingat banyaknya amanah yang harus saya tunaikan. Namun, terkadang..I’m over do it. Terlalu detail dalam perencanaan membuat kita jadi kaku dan tidak flexible pada perubahan jadwal mendadak. So, in the end of the day..I’m just a miserable-always-by-plan person who gets stuck in his own strict schedule.

8. 4got!
Bagi orang yang dekat dengan saya, istilah “lupa” merupakan hal yang sering sekali jadi alasan dalam kelalaian saya. Saya orang yang sangat pelupa. Saya akan mengingat sesuatu jika saya benar-benar ingin mengingatnya. Meskipun terkadang tetap lupa. Meski begitu, bukan berarti saya tidak bisa mengingat apapun. Karena hampir setiap hari saya dipaksa harus mengingat pelajaran di kampus, yang bisa dipastikan ada bagian “hafalan murni” nya. Sulit juga menjelaskan hal ini. Tapi, untuk mengurangi penyakit kronis ini berbagai cara saya tempuh. Salah satunya dengan membawa buku kecil berisi “thing to do” setiap harinya. Dan hal terberatnya adalah bagaimana kalau saya lupa dimana saya menyimpan buku kecil ini? Apa kata dunia?!

9.Bukan kutu buku. Hanya konsumen yang terlalu ingin tahu.
Saya orang yang sangat curious about everything. Saya pun orang yang sangat suka membaca. Curiosity adalah hal yang positif menurut saya. Begitu juga dengan membaca. Tapi, ternyata perpaduan antara keduanya -tanpa disertai kedisiplinan- bisa jadi hal yang tak terlalu positif. Dan itulah yang membuat saya, sangat hobi membeli buku. Ya, saya ulangi sekali lagi: membeli, bukan membaca. Meskipun, saya tahu. Saya tidak akan membacanya sekarang atau dalam waktu dekat. Karena sudah banyak buku yang masih mengantri untuk saya baca. Parahnya, saat membereskan lemari buku, tak jarang saya temui buku-buku bagus yang sudah lama sekali saya simpan dan belum dibaca. Tapi, itu masih tak bisa menghalangi saya untuk tetap membeli buku baru lagi. Gelap nyawang, palasari..I’m coming!

10.Panic attack.
Ini merupakan fakta yang paling mencengangkan dari 10 fakta tentang saya. Keseharian saya, menuntut saya untuk selalu siap berbicara di depan orang banyak. Mulai dari presentasi learning issue saat tutorial, presentasi saat SOOCA, sambutan untuk pembukaan acara, sampai harus berbicara untuk menggantikan pengisi materi yang berhalangan hadir. Mungkin ada juga yang menyadari hal ini, bahwa setiap kali harus berhadapan dengan audiens yang banyak, saya sering terserang panic attack. Palipitasi hebat muncul. Pada kondisi terekstrim, saya bisa melihat toraks saya berdetak kencang. Keringat mengalir deras dari kepala dan wajah saya. Tremor mulai muncul dari tangan saya. Hectic sekali rasanya. Seolah ingin cepat-cepat selesai dan kembali duduk ke bangku penonton. I don’t like to be the center of attention. Tapi seiring dengan jam terbang, walaupun saya tak bisa menghilangkan nya sama sekali, saya mulai bisa untuk mengendalikan hal ini.

From this 10 things about me..
I realize..that
I’m only human.
I made mistakes.
I’m sorry.

I recommend these people to write 10 things about themselves:
kak manda, mas salim, bayu, yahdi, dani, kautsar, mas fajrin, ucup, tanri, harry, dan kawan-kawan yang lain..

11 comments:

tejobawono said...

Asw.. mampirr!

1. Hehehe, sepintas sih kayak orang sunda Q. Tapi emang orang ga bisa diliat dari luarnya aja ^^

2. Katanya sih emang setiap orang ada yang mirip ya ? Kan emang diciptain berpasang-pasangan (lhoo, nyambung ke sini, hahaha)

3. Yah, tapi diajak main masih mau kan? Masuk salah satu muwashaffat nih..(qawiyul jismi-nya sih, bukan main bola =b)

4. Alhamdulillah, banyak film tentang kedokteran..kalo engga kapan belajar Q ?hehe
Film membangun mimpi,kunci menaklukan dunia --kata Nidji

5. Kayak taneman aja Q, fototaksis. Ato fotonasti? Bedanya, taneman responnya terhadap cahaya matahari, ini terhadap cahaya kamera. hehehe

6. Simply have no comment on this.
Hehe

7. Ya ya ya , calon dokter emang harus terbiasa dengan jadwal rutin, jadwal di luar jadwal rutin,jadwal tambahan, jadwal di luar tambahan, . .Semangat!

8. Hmm, mungkin sekretaris pribadi bisa membantu ...?

9. Mungkin bisa dilengkapi dengan paham seorang arkeolog : semakin tua, semakin disayang. Jadi siapa tau makin lama ga dibaca, makin lama ditumpuk dalam lemari, akan semakin menimbulkan hasrat lebih untuk membaca, menelaah, memahami dan menyelami isi buku-buku bagus itu. . Asal ga keduluan dipinjem terus ga balik-balik aja, hahaha.

10.Wajar, ga ada yang ga gugup kalo berbicara di depan banyak orang. Tapi...ini bukan cuma bakat kok, sesuatu yang bisa dilatih. Ya tho? hhehe

Sip, janji sudah ditunaikan...

Men born to learn, born to get better everyday.
Yesterday mistakes, are today powers. .

Rizky Andhika said...

Wslm..senang nya dihampiri tejo..
makasih jo atas inspirasi dan juga ajakanya untuk buat 10 things..
ditunggu untuk mampir lagi..
Jzklh..

doc.terchantique said...

Ass.Wr.Wb.
Ocha ikutan corat-coret di sini ya ki...
hmm... Nice "10 unique fact about kyan"
Comment dikit yah...
Harusnya yang no 5, di taruh jadi no 1 ni... andaikan list ini menunjukkan prioritas, maka list ini akan menjadi list yang 'kyan banget'...
Hampir 1,5 th jadi sekre, list 1-9 sudah di duga akan tertulis di situ... Bukan hal yang baru..
Tapi ko rasanya sulit percaya dengan yang no 10? "Don't like to be the center of attention?" Sulit di percaya... Or maybe you could handle it very well. Gimana caranya? Karena sepertinya cha juga punya masalah yang sama...
1-3 : You talk a lot about this...
4 : Cm belajar dari film aja udh bisa cum-laude,,, gmn klo kyan baca textbook yah?
5 : No comment about this... Jumlah foto narsis di kamera kyan sepertinya sudah menjelaskan semuanya...
6-8 : Hope you could handle this,,,
9 : Pinjam dong...

Manda said...

Bismillah, baiklah saya turut berkomentar.. siap-siap ya ki.. hehe..

no.1.. hm, mungkin 14 tahun di sunda sudah mengukir raut sundanese mu, ditambah qq punya sepupu berdarah sunda (hehe..)

no.3.. bener banget nih, kalau sodara2 lagi pada ngebahas bola, qq termenung di pojokan (lebay hehe..) Well, u dont hav to feel different from this, coz everyone has their own world (including interest kan..)

no.4.. ada yang kurang q, menonton film bersama cemilan ^_^

no.5.. huehehe, ini should be at TOP three..

no.6.. wah, mesti diperhatikan nih, karena orang2 yang terbiasa menjadi konseptor biasanya agak sulit untuk 'melayani secara konkret'.. coba dipaksa diri untuk melakukan dan mencoba hal2 teknis..

no.7.. Hm, gak selalu juga by plan sih q, inget perjalanan kita nonton laskar pelangi? huehehe..
lari sepanjang jalan ^^

no.10.. hm, salah satu tipikal sanguinis nih.. (sama kayak saya): Panik-an.. mesti banyak2 belajar sabar dan ikhlas :D

~Human is always unique

Salim A. Fillah said...

Hmm..
1. Percaya nggak kalau saya ini juga ada darah Turki-nya? ;p
2. Hmm, Allah memang menciptakan produk limited edition tapi juga ada yang agak obral ;p Tapi semua tak ada yang sia-sia..
3. Dalam satu pertandingan sepakbola ada 22 pemain. Dalam satu kesempatan ada 1 orang yang memegang bola. Nah,kalo Ki nggak suka bolanya, lakukan saja apa yang dilakukan oleh 21 orang yang lain. That's the real game. ;) Qawiyyul jism dapet dah..
4. Jadi sufi -suka film- itu penting. Apalagi kalau satu saat punya PH, jadi sutradara, atau penulis skenario. Ini seperti pembaca yang melangkah lebih jauh dengan menjadi penulis atau penerbit ;)
5. Meski sense of photography saya lemah,tapi saya dulujuga sukafotoDe'.. Sampai satu saat saya temukan fakta; calon isteri saya -sekarang jadi isteri- itu jauh lebih cantik daripada foto yang diajukan saat ta'aruf,he he..
6.
7. "Kita merencanakan untuk menyesuaikan diri dengan rencana-rencana Allah" ;p Ini bukti lain kalau Ki bukan orang Sunda. Kata Zaim Ukhrowi, orang Sunda punya kalimat "Bagaimana nanti sajalah!" sedang orang Jawa punya kalimat "Lha nanti bagaimana?";)

Salim A. Fillah said...

Hmm lagi..
8. Kata Psikologi; suatu SENSORI (inderaan) bisa menjadi MEMORI dengan menambahkan ATENSI. STM juga bisa menjadi LTM dengan ATENSI dan REPETISI..Begitu rumusnya ;)
9. Prinsipnya; membaca buku takharus sampai selesai kok.. Ada temen cerita: dia bilang sama isterinya kalau khatam Laskar Pelangi dalam semalam, dan berurai air mata membacanya. Sang isteri bertanya: kapan terakhir kali Abang khatam Quran dalam sebulan? Kapan terakhir kali Abang baca Quran bisa menangis? Jleb deh..
10. Penanda saya nggak PD waktu di depan forum; bahu agak diangkat,badan condong ke depan, kepala seperti disembunyikan. Kata isteri:kayak kura-kura! ;p

Rizky Andhika said...

@Ocha, sekretaris DKM Asy-Syifaa' yang masih belum mau mempublikasikan alamat blog nya pada dunia.

Syukran, atas komen nya.

Sulit dipercaya bukan? Nah, cara menghilangkannya dengan cara teknik mengatur nafas.
Tarik-lepas..tarik-lepas..
Rasakan nafas yang mengalir, dan buat diri kita rileks. Anggap aja ngomong sama sekumpulan angin ato rumput. Tapi, tips terbaik sih ya..Rehearsal! diulang2 terus aja. Ulang latihan. Ulang ngomong lagi.

Mudah2an tips nya membantu Ocha yang juga, sulit saya percaya, bahwa ocha masih nervous bicara di depan umum..

Rizky Andhika said...

@kak manda, sepupuku yang berdarah sunda campur ambon yang juga sanguinis..

beberapa tambahan fakta mu benar juga ya..
tapi beberapa juga terlalu lebay sist..

Akan coba dipraktekan deh beberapa tips nya,,kira2 jadi seksi apa ya? Logistik?? Wah, bisa kurus saya!

jadi ingat waktu mau nonton Laskar Pelangi..hari yang aneh. Tapi lucu juga!

Rizky Andhika said...

@Mas Salim, my lovely brother and also my favorite writer..

1. Wah?? Tapi saya juga punya fakta yang lebih mencengangkan, mas. saya keturunan Cina, Arab, dan Belanda. Percaya enggak?

2. Yup. tak ada yang sia-sia.

3. Qowiyyul Jism bisa didapat dengan selain main bola kan? :D

4. kapan yah bisa bikin film..

5. Wah..itu mah masalah jodoh mas. bukan fotografi..hehe

6. kok di lewat?

7. Itu yang mesti disadari oleh setiap orang yang punya hobi bikin rencana. Bahwa, Allah juga "punya rencana"..

8. Nah..masalahnya. Setelah jadi STM, karna satu-dan-lain-hal. memori itu hilang. Short term memory loss. Kayak Dory di film Finding Nemo.. Tapi, insyaAllah dicoba deh tipsnya. Jazakallah..

9. Jleb..untungnya Qur'an ku cuman satu. Satu yang ada tajwidnya. Satu yang ada terjemahnya. Satu yang kecil. Satu yang besar. Lha, banyak juga ya..

10. kayaknya pernah liat deh..^_^

thabibunnafs said...

Salam kyan...
ikut nimbrunx...

1. wah Sama, saya juga dikira orang SUNDA, padahal saya 99% JAWA lowh.. kurang 1% karena saya sama sekali ora iso boso jowo.. heuheu..

2. Kembar? ya, saya suka dimirip-miripin sama Gubernur Jawa Barat.. haha.. Mirip gitu? (trutama klo saya gi pake kacamata..)

3. Hm.. bukan gak suka, tapi gak bisa.. haha.. klo badminton ayu lawh.. gini-gini smesan ku dahsyat lowh.. (mudah ditebak.. haha)

4. sama, tapi saya lebih suka dokter House!! lebih karena emang ingin jadi PD sih kali ya..

5. I'm not that narciss.. tapi klo fotonya oke, ya okelah.. ^^

6. Truly same with you,, so jangan harap ane jadi logistik.. hehe.. tapi kadang kita enak klo coba sesuatu yang terlepas dari hal2 berbau ngonsep.. biar gak mumet.. hehe.. dan harus jadi pelakunya juga, klo dibelakang layar terus kdang2 kita gak tau apa yg terjadi di luar sana.. Hal-hal yang bersifat KUALITATIF juga penting kan..

7. Kadang2 iya sih, tapi kadang2 saya lebih suka Ngalir aja.. Coz kadang sesuatu tidak sesuai dengan apa yg dah direncanain..

8. Pelupa? apalagi ana.. astaghfirullah

9. Buku numpuk.. haha, kadang2 juga terjadi pada beberapa buku di rumah, apalagi klo lagi gak mood bca.. Tapi kasian lowh, buku2 itu kan klo dibeli/dipinjem sejatinya buat dibaca, jadi mubadzir donks..

10. Panic: ati2 lowh tanda2 depresi.. apalagi klo ditambah Flight of IDEA, ane pikir ente harus konsul ke psikiater..

yorga said...

salam kenal,

awak yorga sma3 angk'2009 kang!

tanya aja reza, pasti tau.

kata orang kang kian dahsyat ya? makanya salam kenal

hehe

view my blog