Monday, August 18, 2008

Dr Oz :Yes [I'm a muslim]

Buat yang sering banget nonton Oprah Winfrey Show [sekarang sudah enggak ditayangkan lagi di METRO TV, tapi di Hallmark masih ada lho!] pasti sempat mendengar nama Dr. Oz. Dokter yang bernama panjang Mehmet Oz ini sudah lama malang-melintang di media amrik [Beberapa acara di Discovery channel, radio 24/7 XM Satelite Radio, dll] Bahkan tak sedikit orang mengenalnya sebagai, America's doctor. Di setiap kesempatannya, beliau selalu menampilkan data dan fakta yang unik sekali. Setiap nonton acaranya, saya pasti terkagum-kagum dengan luasnya pengetahuan yang beliau punya. Suatu ketika beliau bicara tentang dermatology, suatu ketika cuap-cuap tentang andrology, dan episode yang lain beliau bahas tentang masalah gizi dan pola makan. Saya pun sempat bertanya-tanya, sebenarnya siapa sih beliau?

Ternyata, beliau adalah seorang dokter bedah jantung. Dan itu memang tampak dari penampilannya, yang hobi banget pake baju scrub. Beliau memang seorang guru besar di Columbia University untuk bidang tsb. Beliau pun jadi chief dari Heart Assist Device Program, dan juga founder dari Complementary Medicine Program [semacam pengobatan alternatif] di New York Presbyterian Hospital! pfuh..subhanallah..Walaupun jadi dokter bedah yang aktif [sampai saat ini beliau melakukan 300 operasi dalam satu tahun], beliau masih aja ada waktu untuk mengisi acara di media-media bahkan juga meneliti. Beliau jadi direktur Siga Technologies, perusahan biotek yang sedang meneliti pengobatan oral yang aktif melawan virus orthopox, small pox, Lassa fever, Ebola, Marburg, Dengue fever, dll..Wow!! Nah, lebih menariknya. Beliau pun masih aja sempat buat nulis buku! Sudah lebih dari 400 paper yang beliau keluarkan, buku-buku yang bagus juga tak kalah pernah beliau hasilkan: YOU: The Smart Patient: An Insider's Handbook for Getting The Best Treatment; YOU: Staying Young: The Owner's Manual for Extending Your Warranty,dll..yang disusunnya bersama partnernya Dr. Michael F. Roizen. Gimana cara bagi waktunya ya...Ckckck..Salut!!Untuk memenuhi amanah dokter bedahnya, sejak jam 6 pagi setiap hari beliau berangkat ke tempat kerjanya. Setelah pukul 6 sore, baru beliau bisa melanjutkan aktivitas sampingannya [mengisi media, menulis, dll]. Padatnya..Pfuih..

Dr. Oz sangat open minded sekali dengan kedokteran timur. Beliau memadukan antara kedokteran barat dan timur dalam prakteknya. Di kliniknya, beliau menggunakan teknik-teknik ala Timur: Akupuntur dan Yoga dipadukan dengan kedokteran bedah jantung yang memang beliau kuasai sekali. Jadi beliau tidak hanya mengutamakan tindakan kuratif, tapi juga preventif. Tips nya untuk menjaga kesehatan adalah dengan mengatur kesehatan emosi dan membiasakan diri untuk bersyukur. Nah, beliau juga menekankan niat yang besar untuk sehat. Seperti yang beliau ungkapkan "Tetaplah hidup dan pertahankan. Jika kamu tidak memiliki alasan penting untuk tetap sehat, maka kamu akan menjadi sakit"

Berbagai gelar juga beliau dapatkan: "Doctors of the Year" oleh Hippocrates magazine, "Healers of the Millennium" dari Healthy Living, dll. Banyak sekali hal luar biasa yang bisa kita teladani dari beliau. Mungkin karena berbagai hal itu lah, beliau masuk dalam list buku "Tokoh-tokoh muslim paling berpengaruh di Dunia". Jadi, terlepas dari berbagai titel besar yang beliau miliki, pria keturunan turki ini juga seorang muslim. Subhanallah..ketika dikonfirmasikan mengenai ke-muslim-an belliau, beliau menjawab: "Yes. My father is from Konya, the home of Mevlana, the famous Sufi poet."

-akhirnya..ketemu juga! muslim yang spesialis bedah jantung,
dokter "ummat", penulis, peneliti, cerdas, manajer yang tangguh,
Subhanallah..tunggu saja, kelak 10 tahun lagi..sejarah kan berulang!!

10 comments:

Anonymous said...

Amiinn, semoga terkabul deh harapannya. Semoga, 10 tahun lagi jadi salah satu dokter yang membawa perubahan bagi Indonesia.

Anonymous said...

wah iya keren euy kalau bisa jadi dokter aktif seperti itu
10 tahun lagi, dr.kian?

Anonymous said...

hmm... kian.. salam kenal n ketemu juga di blog....
Kian jadi dokter yang bermanfaat untuk orang banyak...
Insyaallah fajar jadi engineer, company owner, n menristek yang banyak memberi manfaat untuk orang banyak....
insyaallah...
Kita saling mendo'akan

Rizky Andhika Pattisahusiwa said...

@affirdaoes3
Senang juga bisa ketemu fajar diblog..
InsyaAllah,,itu ntar jadi janji tiap dokter..(Akan berbakti untuk kemanusiaan..)
Amiin..
Mudah2an bisa memberikan manfaat buat orang lain juga..

Rizky Andhika Pattisahusiwa said...

@salman
Amiin...

Rizky Andhika Pattisahusiwa said...

@bune-ole
Amiin..Semoga bisa bawa perubahan untuk indonesia dan dunia..
salam kenal bunda.

Unknown said...

salam kenal kian....

iya, ditunggu "dr. oz" dari indonesia, 10 tahun lagi. ^^

Ajeng said...

Assalamu'alaikum!
Ka Dhika, ajeng izin share article ni y?
I do like Dr Oz but I've never gotten the article that is really amazing like it.
Thanks before n nice to know you..
:)

Anonymous said...

subhanallah... ternyata Dr. Oz ini banyak sekali ya kontribusinya.

Saya mau izin share tulisannya ya.
Terima kasih :)

H.drs med, HRM,TOELOES SOEBAGIONO BSc said...


Kalau bisa berterus - terang disini (

Indonesia ini ) banyak sekali orang2

yang pinter2 - cerdas2 - superior bi-

sa jadi genius. Anehnya mereka2 dire-

krut oleh pihak2 lain .( Sudah menja-

di rahasia umum ) - GAMPANG SAJA UN

TUK MENCIPTA DR.OZ DI NEGARA INI (

INDONESIA ) - BUAT MEREKA YANG ADA

MENGABDI DI NEGARA LAIN , TARIK PU-

LANG BIKIN BETAH DAN KERASAN DINEGA

RANYA SENDIRI YAA INDONESIA INI PAS

TI AKAN ADA DR.OZ - DR.OZ DISINI...

...salam hyppocrates cerdas !!

( doktertoeloes "swiss van java

" ).