Monday, May 30, 2011

Aku dan pasien..

Berinteraksi dengan pasien adalah suatu hal yang mutlak bagi seorang dokter. Mulai dari anamnesis, pemeriksaan fisik, sampai pemeriksaan penunjang, butuh kerjasama yang baik antara dokter dan pasien. Apa jadinya, kalau gap pendidikan, bahasa, dan budaya mewarnai percakapan antara dokter dan pasien. Kira-kira seperti inilah yang terjadi. Ini yang saya dan teman-teman dokter magang alami saat kami berdialog dengan pasien. *BASED ON TRUE STORY*
LESSON #1: SPEAK THEIR LANGUAGE

Psn: "Saya sudah rutin berobat karna bengkak jantung" 
Gw: Hening. 
Beberapa saat kmudian. Oh, maksudnya gagal jantung. Decompensatio cordis :)
Lessonlearned: Pelajarilah nama2 lain penyakit dari bahasa pasien!

Pasien: "Harus dirongsen ya dok?" 
Gw: "Iya, harus dirongsen dulu.." 
Beberapa saat kemudian, ya ampun. tadi gw ngomong RONGSEN lah! hahaha :D

Pasien: "Dok, ini impusan nya enggak jalan2!"
Gw: "Kalau impusan nya jalan2 mah serem atuh bu.." 
Pasien: "hahaha.."
Beberapa saat kemudian..hahaha. IMPUSAN.. :D

Psn: "Dok, resepnya belum dikasih sama doktor.." 
Gw: "tadi bukannya udah dikasih sama doktor John?" 
Psn: "Belum dok.."
Beberapa saat kemudian.. Beuh DOKTOR -__-
Belum S3 udah jadi DOKTOR aja..hahaha
LESSON #2: PERMUDAH PENJELASAN

Teman gw: "Ibu, patuanganna bade dikomputer heula nya bilih aya nanaon"
Pasien: "sumuhun,Dok."
Beberapa saat kemudian..dikomputer?! hahaha

Psn: "Lapar dok.. Mau makan!"
Teman gw: "belum boleh pak, lambungnya masih dicuci."
Psn: "Dicuci pake apa dok? Rinso?!"
Gw: +___+
Lessonlearned: Gunakan kata "BILAS" daripada "CUCI" Pastinya pasien ini benar-benar lapar!
LESSON #3: LAUGHTER IS THE BEST MEDICINE 

Meng-EKG pasien 
Gw: "Jangan gerak pak, nanti nyetrum loh!" 
Psn: "Masak nyetrum dok! Hahaha.." 
Gw: "Jangan ketawa pak!!"
Psn: -_____-" 
Gw: "Hahaha.."
Lessonlearned: Jangan bercanda dengan pasien yang sedang di EKG :)

Psn: "Dok, yg kuliah rekam medis nanti periksa EKG ini ya?" 
Gw: -__- "Bukan pak, itu rekam medis, kalo ini mah rekam jantung" 
Psn: "Ooo.."
 
LESSON #4: JADILAH PENDENGAR YANG BAIK

Psn: Dok, sy demam, batuk, pilek, sakit pinggang, mual, ngga nafsu makan, sering pipis, lemes,.. 
Gw: ada lagi bu? 
Psn: Msh byk dok 
Gw: -__-"
Lessonlearned: Hati-hati dalam bertanya!

Psn: "Sakit lutut dok" 
Gw: "skr msh sakit bu?" 
Psn: "skr mah ngga, liat dokter yg ganteng sakitnya hilang"  
Gw: "Eaa.." 
Lessonlearned: Jangan tanya pertanyaan yang memancing pasien untuk galau ;p

7 comments:

Intan said...

haha... lucu kang..
hampir semua dialog terjadi selama saya di IPD.. he3
kecuali yang dialog akhir.. heuheu

Rizky Andhika Pattisahusiwa said...

Sepertinya itu dialog wajib dokter-pasien.. :)
dialog terakhir mah memang rada aneh juga. hahaha..

tejobawono said...

Oh saya ada pertanyaan q. Kenapa dokter-dokter tulisannya jelek? :D

Rizky Andhika Pattisahusiwa said...

Sebenarnya enggak ada keharusan harus jelek jo. Tapi, itu seperti nya karena ketidaksengajaan aja deh. Kalau ibaratnya dulu waktu SMA kalo ngerjain LKS tulisan kita kan jadi jelek gitu ya lama2. Nah, begitulah. Saking banyak paperwork yg harus dikerjain, jadinya tulisannya jadi jelek. hehe. Ada yang bilang biar resepnya ga bisa dibeli sembarangan sama pasien. Ada juga yg bilang itu mah ciri khas dokter. kalo bagus tulisannya jadi sekretaris aja jangan jadi dokter! hahaha

Nero said...

haha...
*glek,

fazrizaelani said...

Abis baca yg agak berat ttg "kunci surga" cukup banyak merenung, tapi terus baca postingan ini bener2 ngakak.
Seriusan dokter mas/pak? Ada juga ya dokter yg humoris kirain serius semuanya.. Haha.. *no offense

Rizky Andhika Pattisahusiwa said...

Seriuss.. ini kejadian semua..
karena menurut sy lucu, makanya sampe sy tulis dan bagikan disini..

dokter itu ya manusia juga. gradasi dari yang paling serius sampe yang paling kocak. yang paling galak sampe yang paling ramah.
Cuma untuk masalah profesionalitas dan standar kerja harus sama..
kita diikat oleh SUMPAH DOKTER untuk bekerja. Dan semua dokter juga begitu.. :)